Daftar Pesantren Termahal di Indonesia
Benarkah Biaya Masuk Pesantren GONTOR adalah Yang Termahal di Indonesia ? (Menangkis Fitnah Media)

GONTOR Pesantren TERMAHAL di Indonesia ? | Baru-baru ini ada beberapa media mainstream yang merilis berita sangat bombastis dan tendesius bagi mereka yang mengenal GONTOR sangat dekat. Salah satunya adalah apa yang dimuat oleh portal berita Inews.id dibawah ini :

Dimana GONTOR dimasukkan dalam list 3 Pesantren Termahal di Indonesia. Bahkan di anggap yang paling mahal.

Maaf…Setelah kami telusuri tulisan berita tersebut, kami pun berkesimpulan bahwa ini adalah salah satu karya JURNALISME TERNGAWUR yang pernah ada.

Kenapa TERNGAWUR?

1️⃣ Kami yakin penulis berita tersebut asal nulis berdasarkan asumsinya saja, bahkan bisa jadi hasil copas tulisan antah barantah yang tidak bisa dipertanggungjawabkan validitasnya. Tanpa lakukan cek ricek Fakta dan data ke sumber berita. Minimal menganalisa situs resmi GONTOR.ac.id/Pendaftaran ini

2️⃣ Penulis berita tidak melakukan pembanding (survey) secara menyeluruh dan meluas ke semua pesantren yang ada. Karena faktanya tidak sedikit Pesantren yang biayanya jauh lebih tinggi dari GONTOR. Sehingga tidak layak memasukkan GONTOR dalam list Pesantren Termahal di Indonesia, apalagi dalam urutan 3 besar !

3️⃣ Biaya 6,6 juta yang ditulis dalam berita tsb adalah biaya pendaftaran masuk GONTOR, yang mungkin di anggap si penulis itu adalah biaya bulanan sehingga menganggapnya mahal dan paling mahal. Adapun faktanya biaya bulanan di Pondok Modern GONTOR tak lebih dari 750rb/bln

Kenapa Hal ini HARUS DILURUSKAN ❓

Berita itu mempengaruhi persepsi,
Berita ngawur maka akan hasilkan persepsi yang ngawur,
Dan membiarkan kengawuran akan menghasilkan kengawuran yang lebih masiv dan parah.

Mungkin bagi GONTOR berita seperti ini tak perlu diladeni, tapi masyarakat berhak mendapatkan informasi yang lurus dan bersih.

Jangan sampai ada masyarakat (ekonomi menengah bawah) yang hilang harapan sekolahkan anaknya ke GONTOR hanya karena membaca berita kalau GONTOR termasuk Pesantren Termahal di Indonesia (persepsi)

Kami di BimbelPRIMAGO.com sering mendapatkan curhat penyesalan orang tua yang mengatakan :

“Nyesal dulu gak masukin anak pertamanya ke GONTOR karena menganggap biaya masuk GONTOR mahal. Kirain sampe puluhan juta biaya masuknya”…

Tidak satu dua orang yang punya anggapan dan penyesalan seperti ini yang kami temukan selama mengelola bimbingan masuk pesantren ini.

Kenapa mereka punya persepsi seperti itu ?

Karena persepsi mereka sudah terkooptasi dengan nama besar GONTOR.

Karena asumsi mereka sudah terkooptasi dengan ungkapan “Suatu yang berkualitas pasti harganya mahal”, sebab selama ini GONTOR dianggap lembaga pendidikan berkualitas

Mungkin Asumsi dan persepsi itu terjadi akibat dari minimnya informasi seputar GONTOR, mengingat GONTOR tidak pernah berpromosi dan tidak mempublikasikan secara massive dan agresive tentang pendaftaran masuknya, kecuali hanya lewat website dan kanal sosmed resminya.

Padahal waktu itu belum ada berita tentang GONTOR Pesantren Termahal di Indonesia, seperti ditulis media ini.

Tapi setelah kami infokan biaya masuk GONTOR yang sebenarnya mereka kaget bahkan tidak percaya kalau biaya masuk GONTOR cuma 6 jutaan. Dan biaya bulanannya Tak lebih dari 750rb/bln.

Jadi,kalau berita ini tidak diluruskan, kami khawatir akan jadi fitnah yang justru merugikan umat dan bangsa ini sendiri.

Karena akan makin banyak yang putus harapan bisa sekolahkan anaknya ke Pesantren terbaik dengan biaya yang sangat terjangkau..

Tanggapan Sebagian Walsantor Atas Tulisan Media Inews di Status FB PRIMAGO

Benarkah Biaya GONTOR Terjangkau ❓

Dengan biaya masuk GONTOR sekitar 6,6 jutaan + biaya bulanan sebesar 730 ribuan (SPP + Asrama 24 jam + Makan 3x sehari bebas tambah nasi) + Fasilitas Infrastruktur Pendidikan berkualitas + Output / banyak alumninya yang terbukti memberikan sumbangsih tidak sedikit bagi negeri ini rata disemua lini kehidupan, maka tidak heran biaya tersebut bagi banyak pihak dianggap amat sangat terjangkau.

Terbukti tidak sedikit (bahkan mayoritas) santri GONTOR berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah. Mulai dari anak buruh serabutan hingga anak tukang ojek pun bisa bersekolah di GONTOR.

Alhamdulillah mereka mampu menghantarkan putra putri mereka menjadi alumni GONTOR dengan baik. Orang tua sayapun pedagang pasar keliling yang 3 anaknya berhasil jadi alumni GONTOR.

Harusnya Pesantren Modern PRIMAGO yang berhak dan layak masuk dalam daftar Pesantren Termahal di Indonesia, karena biayanya jauh diatas biaya sekolah di GONTOR heheheuu…

Analisa Berita Media

Berdasarkan penelusuran kami di google dengan kata kunci “Pesantren Termahal di Indonesia”, Sebenarnya ada beberapa portal online yang menulis cerita ini, dan memasukkan GONTOR dalam 5 Pesantren Termahal di Indonesia

Entahlah, apa mereka kompak berjamaah ataukah memang mental copas berita dan cerita sudah akut dalam dunia jurnalisme bangsa ini, tanpa lakukan cek ricek ke sumber berita ?

Semoga saja berita ngawur dalam portal berita mainstream tersebut tidak memiliki misi terselubung untuk menjauhkan masyarakat dari pendidikan pesantren seperti GONTOR (Berkualitas & Biaya Terjangkau) dengan cara memberikan stigma negatif dalam hal biaya pendidikan dengan predikat Termahal…Aamiin YRA

Baca Juga :

OSB, Nutrisi Otak Terbaik di Indonesia

By Primago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *